Starter Motor Tiba-tiba Mati, Cek Empat Komponen Ini!

Salah satu komponen sepeda motor yang turut memegang peran lumayan vital adalah starter motor. Apabila sepeda motor anda dibekali dengan kick starter mungkin nggak terlalu khawatir, meskipun mati nggak menjadi sebuahpersoalan berarti. Sobat tetap dapat menyalakan sepeda motor dengan memakai kick starter (selahan). Tetapi berbagai sepeda motor keluaran terakhir justru tanpa dibekali kick starter. Lalu gimana jadinya kalo starter motor tiba-tiba mati? jalan satu-satunya adalah dengan tutorial (pop-start) mendorong serta kemudian masuk gigi. Tutorial ini pasti sangat merepotkan. Serta parahnya, tutorial ini nggak akan berlaku buat motor matic.

Starter Motor Tiba-tiba Mati, Cek Empat Komponen Ini!

Untuk membenahi starter motor, pasti anda wajib mengenal gejala awal dari kerusakan pada komponen tersebut. Sebab sistem starter elektrik mempercayakan 4 komponen ini, yakni aki atau baterai, rangkaian, relay, serta dinamo  (motor) starter. Periksa dulu gejala awalnya, semacam suaranya yang kasar, atau bahkan nggak ada suara sama sekali ketika tombol starter ditekan. Apabila saat tombol start ditekan tetapi dinamo starter nggak berputar maka besar kemungkinan dikarenakan oleh aki motor yang lemah. Tutorial pemeriksaannya dapat sobat simak selengkapnya berikut ini.

1. Aki atau Baterai
Komponen satu ini terbukti sangat penting kondisi serta keberadaannya pada sebuah sepeda motor. Gimana enggak, tidak hanya menyuplai listrik ke lampu-lampu, komponen ini adalah sumber mutlak serta satu-satunya untuk menggerakkan sistem starter. Apabila saat tombol starter ditekan tapi dinamo starter diam nggak berputar, maka pertama kali yang wajib dicek adalah sumbernya, yaitu aki atau baterai ini sob. Gunakan multimeter atau avo meter serta kemudian periksa tegangan baterai. Minimal tegangan baterai yang ideal adalah 12 volt. Apabila tak lebih maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang berpersoalan atau terbukti aki telah soak.

2. Rangkaian Starter (Kabel Bodi Motor)
Apabila setrum aki tetap keren, langkah selanjutnya adalah periksa rangkaiannya. Periksa kabel-kabel, soket atau saklar yang terhubung dengan dinamo starter. Caranya dengan memakai multimeter, pastikan penunjuk pada alat menunjukkan satuan tegangan. Adanya kabel yang putus mengwajibkan anda untuk menyambungnya kembali dengan kabel tambahan serta balutan isolasi kabel. Kabel serta soket rupanya baik-baik saja, sobat butuh cek tahap tombol starter. Segi tembaga yang kotor dapat dibersihkan dengan amplas halus.

3. Relay atau Bendik Starter

bendik starter motor rusak
Bendik starter adalah saklar elektromagnetik yang memutus serta menghubungkan arus listrik lumayan tinggi dari baterai menuju dinamo starter. Tutorial memeriksanya, sambung dua kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ serta -), apabila terdengar suara “cetak” berarti bendik dalam kondisi tetap keren. Rusaknya komponen ini wajib diganti dengan yang baru.

4. Dinamo Starter Motor
Kerusakan dibagian dinamo sebetulnya jarang terjadi selagi penggunaan tetap dalam batas wajar serta lumrah. Ketahui kerusakan dinamo starter memakai multimeter. Probe (+) yang biasanya kabel atau ujungnya berwarna merah dihubungkan dengan kabel yang menuju dinamo, kemudian probe satunya (-) dihubungkan dengan massa atau rangka motor. Tekan tombol starter serta periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tak dengan menonton indikator multitester. Apabila multitester menandakan adanya arus tetapi dinamo nggak berputar, dapat dipastikan dinamo starter sobat berpersoalan.

Kerusakan pada komponen ini ada dua kemungkinan yakni arang dinamo (brush terminal) aus atau kumparan putus/terbakar/short. Bersyukurlah apabila hanya brushnya yang telah aus, sobat dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membikin Masker Putih Telur

Trik Biar Modifikasi Motor Custom Anda Supaya Lebih Terkonsep

5 Argumen Harus Ganti Ban Motor Untuk Mudik